Terpopuler:

13 manfaat kopi Yang Belum Anda ketahui

11 May 2016 - Kategori Blog

manfaat kopi untuk kesehatan

banyak orang yang menganggap bahwa kopi lebih banyak memberi efek negatif bagi kesehatan. namun kenyataannya banyak studi yang telah membuktikan manfaat kopi. Manfaat kopi bagi kesehatan sangatlah besar. Bahkan konsumsi kopi dapat menurunkan resiko beberapa penyakit yang mematikan.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi mengandung banyak sekali anti oksidan dan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan anda.
Hasil studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko yang lebih kecil terhadap penyakit tertentu yang mematikan. Apa sajakah manfaat kopi yang bisa anda dapatkan? Mari kita simak 13 manfaat kopi yang mungkin sudah anda lewatkan.

  1. Kopi dapat meningkatkan energi tubuh dan membuat anda lebih pintar
    Kopi dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan tenaga. Hal ini terjadi karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia. Setelah anda minum kopi, kafein ini diserap oleh tubuh kedalam aliran darah, yang kemudian mengalir ke otak.
    Di otak, kafein ini memblok neurotransmitter yang disebut adenosin. Terhalangnya neurotransmiter ini meningkatkan jumlah norepinephrine dan dopamine sehingga neuron menjadi lebih aktif. Banyak percobaan terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai fungsi otak, yang mencakup memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, kecepatan reaksi, dan fungsi kognitif lainnya.
  2. Kopi dapat membantu pembakaran lemak

    apakah anda tahu bahwa kafein terkandung di hampir seluruh suplemen penurun berat badan? tentunya ada alasan yang bagus dibalik semua itu.
    beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh 3 hingga 11%. Studi lainnya menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang dengan berat rata rata.

  3. Kafein dapat meningkatkan kemampuan fisik

    Kafein menstimulasi sistem syaraf untuk mengirimkan sinyal pada sel lemak untuk membakar lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan kadar Ephinephire (adrenalin) dalam darah. Hormon ini mengakibatkan tubuh berada dalam kondisi “siap tempur” dimana tubuh disiapkan untuk kerja fisik yang berat.
    kafein membuat sel lemak terlepas kedalam darah dan berubah menjadi asam lemak yang berfungsi sebagai bahan bakar . Jadi tidak mengherankan jika kafein dapat meningkatkan kemampuan fisik rata rata 11 – 12%. karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi secangkir kopi dulu sebelum anda berangkat ke gym.

  4. Kopi mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh

    kopi bukan hanya sekedar minuman berwarna hitam. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam secangkir kopi.
    Dalam secangkir kopi mengandung:

    • Riboflavin (vitamin B2) sebesar 11%
    • Asam Pantothenic (vitamin B5) sebesar 6%
    • Mangan dan Potasium sebesar 3%
    • Magnesium dan Niasin (B3) sebesar 2%

    Walaupun jumlah tersebut tidak terlalu besar. Tapi kebanyakan orang minum lebih dari satu cangkir kopi per hari. karena itu, jumlah diatas akan bertambah.

  5. Kopi dapat menurunkan resiko terhadap Diabetes tipe II

    Diabetes tipe II merupakan masalah kesehatan yang serius yang menyerang sekitar 300 juta orang di dunia saat ini.
    Penyakit ini biasanya ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Namun, para peminum kopi memiliki resiko yang lebih kecil mengidap diabetes tipe II.
    Beberapa studi menunjukkan orang orang yang minum kopi memiliki 23-50% resiko yang lebih kecil mengidap penyakit ini. Berdasarkan data dari 18 penelitian dengan 457,922 subyek percobaan, disimpulkan bahwa secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko terserang Diabetes tipe II hingga 7%.

  6. Kopi dapat melindungi anda dari Alzheimer dan Demensia

    Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang menjadi penyebab penyakit dementia. Penyakit ini biasanya menyerang orang di usia lebih dari 65 tahun. Sayangnya belum ditemukan obat untuk penyakit Alzheimer hingga saat ini.
    namun, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya. Selain menerapkan pola makan sehat dan berolahraga, minum kopi dapat memberikan manfaat yang sangat efektif.
    Manfaat kopi terhadap pencegahan Alzheimer terbukti dalam beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terhadap Alzheimer hingga 65%.

  7. Kafein dapat menurunkan resiko terkena Parkinson

    Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif terbesar kedua setelah Alzheimer. Penyakit ini terjadi karena matinya neuron pemicu dopamine di otak.
    Seperti halnya Alzheimer, penyakit ini belum memiliki penyembuhnya. Karena itu, pencegahan jauh lebih bermanfaat dalam menghadapi penyakit ini.
    Dalam berbagai penelitian, peminum kopi memiliki 32-60% resiko lebih rendah terhadap serangan Parkinson. namun bagi mereka yang menggemari kopi decaf, ternyata resikonya tidak menurun sama sekali karena efek dari penurunan resiko ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi.

  8. Kopi ternyata dapat melindungi hati

    Hati adalah organ yang memiliki ratusan fungsi penting bagi tubuh. Beberapa jenis penyakit dapat mempengaruhi fungsi hati seperti hepatitis.
    Penyakit ini dapat mengakibatkan sebuah kondisi yang disebut cirrhosis.ternyata, kopi dapat melindungi hati dari cirrhosis dan menurunkan resikonya hingga 80%.

  9. Kopi dapat mengobati depresi dan membuat anda lebih bahagia

    Depresi merupakan penyakit mental yang cukup serius karena dapat menurunkan kualitas hidup. Bahkan, 4.1% orang Amerika ternyata mengalami depresi.
    Dalam sebuah studi di Harvard yang dipublikasikan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang minum 4 cangkir kopi per hari atau lebih memiliki resiko 20% lebih rendah untuk terkena depresi.
    Studi lainnya yang melibatkan 208,424 subjek menemukan bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi per hari atau lebih memiliki kecenderungan 53% untuk tidak melakukan bunuh diri.

  10. Peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker

    Kanker tercatat sebagai salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Karakteristik penyakit ini adlah pertumbuhan sel yang tidak terkontrol didalam tubuh.
    Kopi sendiri ternyata dapat melindungi kita dari dua jenis kanker, yaitu kanker hati dan kanker usus besar.Kanker hati mendapat peringkat ketiga sebagai penyebab kematian di dunia, sedangkan kanker usus besar mendapat urutan keempat.
    Peminum kopi memiliki resiko 40% lebih rendah mengidap kanker hati. Sedangkan penelitian lainnya yang melibatkan 489,706 subyek menyebutkan bahwa 4-5 cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko dari kanker usus besar hingga 15%.

  11. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan dapat menurunkan resiko terkena stroke

    kesehatan jantung

    Kafein seringkali dituding sebagai penyebab meningkatnya tekanan darah. Memang benar, tapi efeknya sangat kecil (3-4mm/Hg) dan efeknya biasanya akan menghilang jika anda rutin minum kopi.
    Namun, untuk beberapa orang, efeknya dapat bertahan walau sering minum kopi. Jadi perhatikan dengan baik tekanan darah anda.
    Walaupun begitu, belum ada penelitian yang mendukung pernyataan bahwa kopi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. bahkan faktanya, wanita yang suka minum kopi memiliki resiko lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi. kopi juga dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 20%.

  12. Kopi bisa membantu hidup anda lebih lama

    Dalam dua studi, minum kopi dihubungkan dengan menurunnya resiko kematian hingga 20% pada pria dan 26% pada wanita, dalam jangka waktu 18-24 tahun.
    Karena peminum kopi cenderung jarang terserang penyakit, sepertinya cukup masuk akal jika kopi dapat membantu anda untuk hidup lebih lama.

  13. Kopi adalah sumber terbesar anti oksidan dalam diet ala barat

    Untuk orang orang yang menjalani pola diet ala Barat, kopi dapat menjadi elemen paling menyehatkan dari diet tersebut. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan pada kopi.
    bahkan, antioksidan yang diperoleh dari kopi ternyata jauh lebih banyak daripada yang didapatkan dari kombinasi sayur dan buah buahan.

 

ternyata banyak sekali manfaat kopi yang bisa kita dapatkan. Tapi ingat, semakin alami kopi yang kita konsumsi, semakin besar manfaat kesehatan yang kita dapatkan. Kopi dalam kemasan sachet bukan termasuk kategori kopi yang menyehatkan karena kandungan didalmnya sudah bercampur dengan bahan kimia, seperti perasa buatan, gula sintetis, dan bahan kimia laninnya yang mungkin berbahaya untuk kesehatan.

, ,

UA-80776017-1