Terpopuler:

Ingin Tahu Cara membuat Kopi Enak? Ini 9 Aturannya!

04 June 2016 - Kategori Blog

cara menyeduh kopi yang benar

Bagi seorang penikmat kopi, seringkali terlintas kopi seperti apa yang akan saya nikmati esok hari.  Anda mungkin memiliki pikiran yang sama.  Keinginan yang kuat untuk bisa mendapatkan kopi nikmat mendorong saya untuk mencari resep kopi yang bisa memberikan citarasa yang sempurna.  Tips yang saya dapatkan dari EatingWEll Magazine  ternyata menjawab semua keingintahuan saya dan saya akan bagikan untuk anda 9 aturan agar anda tahu cara membuat kopi yang enak.
Aturan aturan dasar ini akan membantu anda agar kopi anda terhindar dari rasa pahit yang tidak diinginkan dan memberikan secangkir kopi yang memuaskan setiap saat.

Tanpa mengulur waktu lebih lama lagi, mari kita simak satu persatu tips berikut ini:

  1. Beli kopi segar

    Tak disangkal lagi bahwa kopi memiliki kualitas terbaiknya hanya beberapa hari setelah diolah.  Membeli kopi langsung dari pabrik pastinya adalah cara terbaik untuk memastikan kesegaran kopi yang baru digiling.  Hati hati jika anda membeli kopi dari pasar swalayan karena oksigen dan cahaya yang terang bisa merusak rasa kopi.  Minyak dari kopi akan keluar dan menempel pada wadah kopi sehingga kopi terasa tengik.  Karena itu, jika anda ingin menikmati kopi yang masih segar,sebaiknya beli dalam kemasan kecil.

  2. Pertahankan kesegaran kopi

    Setelah anda mendapatkan kopi yang baru digiling, pastikan anda menyimpannya dalam wadah yang kedap udara. Toples kaca atau keramik dengan tutup karet merupakan pilihan wadah yang tepat untuk menyimpan kopi.  Jangan pernah masukkan kopi ke dalam kulkas, khususnya jenis dark roast, karena kopi memiliki pori pori yang siap menyerap kelembaban dan juga aroma makanan. Jika anda ingin membeli kopi, sesuaikan jumlahnya untuk persediaan 5 hingga 7 hari agar dapat menikmati kopi segar tanpa merubah rasanya.

  3. Pilih varian kopi yang bagus

    Dapat dikatakan bahwa penikmat kopi sejati sebanding dengan penikmat wine. Mereka akan mencoba untuk menemukan varian dengan rasa yang tepat dan sesuai dengan selera mereka.  Hampir semua pemburu kopi mencari kopi dari jenis arabika.  Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi yang lebih kuat lebih memilih robusta dengan kandungan kafein yang lebih tinggi, walau rasanya sedikit kurang menggoyang lidah.  Jika anda ingin mencoba salah satu single origin lokal, anda bisa mencoba kopi Toraja, Flores, Jawa, atau juga mocha arabica (campuran beberapa jenis kopi arabika di indonesia).  Semua jenis kopi tersebut bisa anda dapatkan di Kopi Aroma Bandung.

  4. Giling kopimu sendiri

    Kopi mulai berkurang kualitasnya sejak kopi digiling.  Kopi dengan rasa terbaik didapatkan dari kopi yang baru saja digiling.  Mesin yang digunakan juga dapat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.  Karena itu para kopi cenderung memilih mesin giling kopi mahal seperti Solis, Zassenhaus, ataupun Rancilio untuk menggiling kopinya.  Namun penggiling kopi standar pun bisa memberikan hasil yang bagus.

  5. Gunakan air berkualitas

    Tak ada yang bisa merusak rasa kopi dari air  keran yang mengandung klorin.  Air yang biasa digunakan adalah air mineral botolan atau air keran yang difilter menggunakan karbon aktif. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan mineral dalam air yang bagus ternyata mempengaruhi hasil seduhan kopi loh.

  6. Hindari filter kopi murah

    Menurut para ahli, menggunakan filter kopi murah dapat menghasilkan kopi yang “cacat” rasa.  Carilah kertas  filter yang bebas dioxin seperti Filtropa atau Melitta.  Anda juga bisa menggunakan filter berbahan emas yang bisa digunakan berulang kali seperti SwissGold.  Jenis jenis filter ini dapat memberikan rasa maksimal dalam cangkir kopi anda.

  7. jangan pelit dalam menakar kopi

    Ukuran takaran standar dalam menyeduh kopi dengan rasa yang pas adalah dua sendok makan untuk cangkir ukuran 6 ons atau sekitar 2 3/4 sendok makan per cangkir ukuran 8 ons.  Trik menggunakan lebih sedikit bubuk kopi dengan air yang lebih panas untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak ternyata cenderung menghasilkan seduhan yang pahit.

  8. Hati hati dengan air panas

    Air yang terlalu panas akan mengekstrak kandungan dalam kopi yang membuat rasanya lebih pahit.  Suhu yang tepat untuk menyeduh kopi adalah sekitar 200 F, atau air mendidih yang didiamkan sekitar 45 detik (ini panduan yang sering digunakan oleh para pembuat kopi).  Setelah diseduh, rasa terbaik dari kopi tidak akan bertahan lama.  Memanaskan kembali kopi ataupun menyimpannya di atas alas pemanas hanya akan memberikan rasa pahit pada kopi anda.

  9. Jaga kebersihan peralatan kopi anda

    membersihkan wadah dan mesin giling kopi setiap beberapa minggu dapat menyingkirkan minyak dari kopi yang menumpuk dalam peralatan tersebut.  Lakukan pembilasan menggunakan larutan cuka atau pembersih khusus untuk peralatan kopi paling tidak sebulan sekali untuk membersihkan tumpukan mineral yang menempel.  Jangan lupa untuk mencuci kembali peralatan anda dengan bersih sebelum digunakan agar kopi anda tidak terkontaminasi oleh rasa dari larutan pembersih yang anda gunakan sebelumnya.

Jika anda mengikuti aturan aturan di atas, anda pasti akan mendapatkan secangkir kopi dengan rasa yang sempurna dan sesuai dengan ekspektasi anda. Ternyata mudah bukan cara membuat kopi enak.

Save

Save

, ,

UA-80776017-1