Terpopuler:

Ini Dia Cara Roasting Biji Kopi Yang Mudah

16 July 2016 - Kategori Blog

Panduan roasting biji kopi

Apakah anda suka ngopi?
Ingin mempersiapkan secangkir kopi sendiri dari awal?
Tak tahu harus memulai dari mana?
Anda tidak perlu bingung. Kopi Aroma akan berbagi tips bagi pemula dalam mengolah biji kopi.

Tapi, kenapa harus dari biji?

Biji dapat menyimpan kesegaran kopi lebih lama daripada bubuk atau biji yang sudah digiling.

Lalu bagaimana cara meroasting jika tidak punya alatnya?

Seperti pepatah mengatakan :Tak ada rotan akar pun jadi, tak ada mesin roaster, wajan pun jadi”. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai biji kopi menempel pada wajan. Terus aduk biji kopi dalam wajan hingga mencapai tingkat kematangan yang anda inginkan.

Lamanya proses roasting dapat mempengaruhi rasa dan kandungan dalam kopi tersebut.  Semakin lama biji kopi disangrai, maka kandungan kafeinnya akan menjadi semakin rendah.  Rasa pahit menunjukkan tingkat kafeinnya,  Semakin pahit kopinya, berarti kafeinnya semakin tinggi.  Misalnya, kopi robusta, yang banyak disukai oleh orang Indonesia, rasanya lebih pahit dari jenis arabika karena kafein dalam kopi robusta lebih tinggi.

Ada beberapa level roasting yang disukai banyak orang di dunia. karakteristik yang dimilikinya pun berbeda beda. Anda dapat menentukan rasa dan aroma seperti apa yang anda cari berdasarkan karakternya.

Karakter Biji Kopi Setelah Roasting

Roasting kopi seperti apakah yang banyak dicari orang? Ini dia daftarnya:

  1. City Roast
    jenis ini masuk kedalam kategori medium roast yang memiliki warna coklat tua. Karakter yang dimilikinya adalah kekentalan yang dihasilkan cukup tinggi, tingkat keasaman yang seimbang dengan rasa, aroma, dan tekstur yang dimilikinya.
  2. Full City Roast
    Jenis roast yang satu ini biasanya dihasilkan dari penyangraian biji kopi selama kurang lebih selama 11.5 menit. Biasanya suara crack atau retakan menandakan bahwa biji kopi sudah mencapai tingkat Full City Roast. Visual warna yang dihasilkan tentunya lebih gelap daripada City Roast. Proses ini membuat minyak dalam kopi mulai keluar. Minyak inilah yang mempengaruhi rasa.
  3. Vienna Roast
    Vienna Roast, atau dikenal juga dengan sebutan Light French Roast, merupakan jenis medium dark roast. Karakter yang dimiliki biji kopinya antara lain kekentalan yang tinggi dan keasaman yang rendah. Jenis roast yang satu ini ideal bagi anda yang ingin menikmati kopi tanpa harus khawatir dengan kesehatan lambung anda.
  4. French Roast
    Hasil roast yang satu ini memiliki warna yang gelap dan cenderung memberikan rasa pahit. Namun tingkat keasamannya pun jauh lebih rendah loh.
  5. Italian/Spanish Roast
    Untuk tipe ini, saya menyebutnya tipe gosong karena tampilan dari hasil akhirnya yang hitam. Rasa yang diberikan pun sangat pahit dan terasa seperti menyeduh arang.

Jadi untuk roasting kopi, anda harus mempersiapkan timer dan juga termometer agar hasil yang anda dapatkan benar benar sesuai dengan harapan. Ternyata mudah bukan untuk memproses kopi anda sendiri. Dijamin anda akan sangat menikmati secangkir kopi olahan anda sendiri. Selamat mencoba!!

Save

UA-80776017-1