Terpopuler:

Tahukah anda jenis kopi Indonesia ini?

11 May 2016 - Kategori Blog

Jenis Jenis Kopi di Indonesia

Jenis kopi Indonesia

JENIS KOPI INDONESIA YANG TERKENAL HINGGA KE MANCANEGARA

Indonesia adalah negara produsen terbesar keempat di dunia pada tahun 2014. Kopi di Indonesia dimulai dengan sejarah kolonialnya dan mulai memainkan peran yang penting dalam pertumbuhan negeri. Indonesia terletak di lokasi geografis yang cocok untuk tanaman kopi, yaitu dekat gari katulistiwa dan daerah yang bergunung gunung di seluruh wilayahnya, menjadikan Indonesia memiliki iklim yang tepat dan wilayah yang ideal untuk pertumbuhan dan produksi jenis kopi Indonesia yang berkualitas tinggi.

Jenis kopi Indonesia terbaik berasal dari wilayah utama penghasil kopi di Sumatra, Jawa, Bali, Flores, Sulawesi, dan Papua. Kopi kopi dari daerah ini dikenal karena bentuk bijinya yang padat dengan rasa yang lembut dan tingkat keasaman yang rendah. bagaimanakah karakteristik masing masing jenis kopi indonesia ini? Mari kita simak satu persatu.

  • Kopi Sumatra

    Sumatra merupakan pulau besar di bagian barat Indonesia dan pulau terbesar keenam di dunia. Sumatra memiliki jalur pegunungan dan perbukitan yang disebut Bukit Barisan, dimana terdapat sekitar 30 gunung berapi aktif yang menjadi penopang pulau tersebut.
    Beberapa sajian premium di dunia yang berbahan kopi, menggunakan kopi yang berasal dari sumatra. Kopi Sumatra ini memiliki karakteristik kopi yang kental, rasa yang lebih alami daripada kopi Arabika Jawa, dan tingkat keasaman rendah. Kopi Sumatra memberikan aroma yang kaya dan dan memiliki rasa cokelat yang manis pahit. Rasa ini didapat dari kombinasi udara dingin dan lokasi dataran tinggi, dimana tanaman kopi ini tumbuh di ketinggian antara 2,500 kaki hingga 5,000 kaki di atas permukaan laut.

  • Kopi Jawa

    Pulau Jawa, dengan rangkaian pegunungan berapinya membentuk garis dari timur ke barat di sepanjang pulau. Terletak diantara Sumatra dan Bali, produksi kopi arabika Jawa terfokus di dataran yang dikenal dengan nama Ijen.

    Kopi Jawa yang bagus memiliki tekstur yang berat, walaupun lebih ringan daripada jenis kopi lainnya di Indonesia. Jenis kopi Indonesia ini memiliki aroma alami dan rasa yang melekat kuat di lidah. Karakter yang dimiliki kopi Jawa ini disebabkan oleh kondisi tanah, temperatur, cuaca, dan kelembaban udara.

  • Kopi Bali

    Dataran tinggi Kintamani, diantara pegunungan berapi Batu Karu dan Agung, merupakan wilayah utama penghasil kopi di Bali. Kopi Bali memiliki keasaman yang lembut dengan aroma jeruk segar dan rasa asam. Ini karena tanaman kopi ditanam dibawah pohon jeruk, sehingga biji kopi terendam oleh rasa asam dari buah jeruk.

  • Kopi Toraja

    Kopi Toraja merupakan jenis kopi Sulawesi yang paling menonjol. kopi Toraja ini tumbuh di dataran yang cukup tinggi di pulau Sulawesi, yang sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan Celebes.

    Kopi Toraja yang baik memiliki kombinasi rasa dari buah yang matang dan rasa cokelat pekat. Jenis kopi Indonesia ini cenderung memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, tingkat kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan kopi Sumatra, dan rasa yang lebih alami dibandingkan kopi Jawa.

  • Kopi Flores

    Flores terletak sekitar 200 mill dari Bali. Flores memiliki kontur tanah berbatu dengan sejumlah gunung berapi aktif dan tidak aktif. Debu dari gunung merapi ini memberikan lapisan tanah yang subur, yang cocok sebagai lokasi produksi kopi organik.
    Tanaman kopi Arabika tumbuh di ketinggian antara 1200 – 1800 diatas permukaan laut, yaitu di daerah perbukitan dan dataran tinggi. Kebanyakan tanaman kopi tersebut ditanam bersama dengan jenis tanaman lain.
    Jenis kopi Indonesia dari daerah ini terkenal dengan rasa dan aroma kombinasi antara cokelat, bunga, dan kayu.

  • Kopi Papua

    terdapat dua area utama penghasil kopi di Papua. kedua area tersebut terletak di ketinggian antara 1400 dan 200 meter diatas permukaan laut, yang memberikan kondisi ideal untuk memproduksi kopi Arabika.
    Lokasi penanaman terletak di daerah terpencil dengan kondisi yang tidak memiliki akses jalan dan hampir tidak tersentuh oleh modernisasi.
    Keunggulan kopi papua terletak pada proses organik dari penanamannya yang tidak menggunakan bahan kimia, pestisida ataupun herbisida. Sehingga membuat jenis kopi ini langka dan berharga tinggi.
    Karakteristik yang dimiliki jenis kopi indonesia yang satu ini adalah ukuran biji sedang, tingkat keasaman yang seimbang, dan rasa asam karena kopi Papua ditanam dibawah tanaman buah lainnya.

Jenis kopi Indonesia diatas merupakan kopi yang menjadi unggulan dalam pangsa pasar kopi dunia. Bahkan kopi Toraja mampu mampu menyentuh harga yang fantastis di pameran kopi dunia.

Sebagai bangsa pribumi, tidak ada salahnya jika anda mencoba produk lokal dengan kualitas global. Anda tinggal pilih jenis kopi mana yang sesuai dengan selera anda. Coba kopinya dan rasakan bedanya.

,

UA-80776017-1