Terpopuler:

Kopi Aroma Bandung: Nikmatnya Kopi Legendaris dari Banceuy

11 May 2016 - Kategori Blog

kopi aroma banceuyKopi aroma Bandung merupakan toko legendaris yang terletak di Jalan banceuy No.51, Bandung. Keunikan apa yang dimiliki toko kopi ini? Toko ini menjual kopi aroma dengan teknik pengolahan yang tidak pernah berubah sejak pertama kali didirikan. Karena itu kualitas produk kopi aroma Bandung ini tidak pernah menurun. bahkan penggemar baru dari kopi ini terus bertambah setiap saat.

Kopi apa saja yang dihasilkan pabrik kopi jadul ini?

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik urutan keempat di dunia. Kualitas yang dimiliki kopi dari beberapa daerah di indonesia sudah memiliki tempat khusus diantara para pecinta kopi dunia. Kopi aroma Bandung pun menjadi salah satu pelopor yang menyebarkan produk kopi tersebut.

Fabriek Koffie ini mendapatkan biji biji kopi pilihan terbaik dari beberapa daerah di indonesia yang terkenal dengan hasil kopinya. Kopi Sumatra, jawa, bali, Toraja, Flores, dan Aceh, adalah beberapa produk kopi terbaik yang diolah di pabrik kopi ini.

Proses pegolahan kopi aroma Bandung

pabrik kopi aroma

Pabrik yang dikelola oleh generasi kedua ini tetap menjalankan ritual pengolahan kopi sejak masih dipegang oleh pendirinya. Bapak Widya Pratama, pemilik generasi kedua dari pabrik kopi aroma ini tetap menggunakan bahan bakar kayu pohon karet  dan mesin tua produksi tahun 1930 untuk memanggang biji biji kopinya.

Namun sebelum diolah, setiap biji kopi mentah yang didapat, langsung masuk gudang penyimpanan. Penyimpanan kopi ini dilakukan untuk menurunkan kadar keasaman biji. karena itu, semakin lama disimpan, maka semakin sedikit kadar keasamannya. Bila semakin kecil tingkat keasamannya, maka kopi aroma Bandung ini akan semakin aman dikonsumsi, bahkan untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan lambung.

Kopi jenis Arabika biasanya disimpan paling sedikit hingga 5 tahun, sedangkan jenis Robusta selama 8 tahun. Kopi yang telah diturunkan kadar keasamannya baru diolah menjadi kopi aroma siap konsumsi.

Biji kopi mentah pertama tama akan dipanggang didalam mesin, yang disebut roaster, yang didatangkan langsung dari Eropa buatan tahun 1930. Pemanggangan biji kopi dilakukan dengan menggunakan alat tradisional yang hanya memiliki kapasitas maksimal tiga kaleng minyak tanah.  Aroma dari kayu selama pemanggangan yang menggunakan api rendah ini menyatu dengan kopi sehingga menghasilkan rasa dan aroma kopi yang unik.

Lama pemanggangan memakan waktu hingga 20 menit. Tentunya waktu yang dibutuhkan tidak akan terlalu lama jika menggunakan alat yang lebih modern. Tapi konsistensi Pak Widya pada teknik pengolahan kopi tradisional inilah yang dapat menjaga kualitas terbaik dari produksi kopi aromanya.

Toko Aroma

toko kopi aroma banceuy

Sekilas, toko ini terlihat biasa saja. Dengan hiasan diatas bangunan yang membentuk nama toko ini kental sekali dengan gaya arsitektur Belanda. Didalam toko ini sendiri terpajang beberapa alat giling biji kopi model lama yang memperkuat kesan sebuah toko kopi.

Ada beberapa jenis kopi yang ditawarkan oleh toko ini, antara lain kopi Mocha Arabica, yaitu kombinasi dari berbagai jenis kopi Arabika di Indonesia. Saat pertama kali mencoba kopi jenis ini, sensasi yang akan anda rasakan adalah kelembutan rasa kopi dengan sedikit sensasi asam. Produk kopi lainnya yang bisa didapatkan disini adalah kopi Flores, Toraja, Robusta, Gayo, Bengkulu, dan Jawa.

Selain menyediakan berbagai jenis kopi, jenis gilingan yang beragam pun bisa diperoleh di toko aroma Bandung. Umumnya, penggemar kopi meminta tiga jenis olahan kopi, yaitu roasted beans (kacang utuh yang telah dipanggang), giling kasar (bagus untuk jenis French press), dan giling halus.

Toko Kopi Aroma di Banceuy ini merupakan satu satunya toko yang dibuka oleh Pak Widya. Pihak toko pun memasang pengumuman bahwa kopi aroma tidak memiliki cabang atau agen resmi dan juga tidak menjual produknya secara online.  Hal ini tentunya membuat toko ini selalu ramai dengan barisan pembeli yang berjajar hingga keluar toko. Para konsumen ini tetap setia menunggu giliran untuk mendapatkan kopi segar yang baru saja digiling. Seorang pelayan memberikan saran agar jangan terlalu banyak menyimpan kopi karena kualitas kopi tidak akan bertahan lama setelah dibuka. Karenanya, tidaklah mengherankan jika toko kopi ini memberikan kebijakan hanya melayani pembelian hingga maksimal 5 kg setiap kali membeli.

jadi, jika anda sedang bermain ke Bandung, jangan lupa mampir ke Jl.Banceuy No.51 untuk membeli kopi aroma sebagai oleh oleh.

Save

,

UA-80776017-1